Arti jilbab seringkali disebut dengan istilah kerudung. Namun, di kalangan masyarakat kata jilbab sekarang lebih populer. Jilbab berasal dari bahasa saudi arabia yakni Jalaba, yang bermakna membawa , menghimpun. Itu berarti menghimpun sesuatu yang terlepas. Secara istilah saat ini, jilbab atau kerudung adalah salah satu busana yang dikenakan oleh wanita yang beragama Islam, yang berfungsi untuk menutupi bagian kepala dan dada. Busana semacam ini ada ketika sebuah perintah datang melalui Nabi Muhammad saw.
Ini ditujukan kepada seluruh wanita muslimah. Waktu itu dikenal dengan istilah khumur atau hijab (penghalang), Negara-negara yang kebanyakan memeluk agama Islam juga memiliki sebutan masing-masing. Cotohnya nama milayat itu dipakai oleh orang-orang Libya, chador dipakai di Negara Iran, Pardeh (Pakistan dan wilayah India), Wanita Iraq menyebutnya Abaya, Charshaf (Republik Turki), kalau orang-orang Melayu mengenalnya dengan istilah tudung. Sedangkan untuk Arab sendiri menyebutnya hijab. Dan kerudung / jilbab digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Khusus Negara Indonesia, istilah "jilbab" berarti sebagai pakaian wanita yang dikenakan dengan menutup semua kepala kecuali muka kemudian dirangkaikan bersama baju agar semua badan tertutup kecuali tangan dan kaki.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jilbab dapat diartikan dengan kerudung berukuran leba dan dikenakan oleh seorang wanita muslimah yang berfungsi untuk menutupi kepala dan leher hingga dada (agar tidak terlihat lekukan-lekukannya).
Cara memakai jilbab secara umum sebenarnya di kalangan ulama sendiri terjadi perbedaan -perbedaan. Hal ini biasa karena setiap ulama memiliki pandangan sendiri dalam menafsirkan dalil-dalil. Misalnya menurut Qatadah, memakai jilbab yaitu menutup seluruh anggota tubuh kecuali kedua mata atau yang sering kita lihat pada wanita-0wanita yang memakai cadar. Ibnu Ma’ud, penggunaan hijab adalah dengan menutup semua kepala termasuk muka kecuali satu mata saja. Beda dengan Al-Hasan, tidak semua muka ditutupi, tetapi hanya separuh saja.
Lain halnya dengan ulama’ kontemporer yang juga terkenal, beliau adalah Dr. Yusuf Qardlawi. Fatwanya, muka atau wajah serta telapak tangan seorang perempuan tidak perlu ditutup, karena itu bukanlah aurat. Jadi, tidak masalah jika terlihat oleh kaum laki-laki yang tidak muhrimnya. Pendapat ini sama juga dengan pendapat kebanyakan Ulama Al-Azhar. Mungkin macam-macam jilbab yang beredar sekarang mengikuti pendapat ini. Seperti itulah Islam, perbedaan pendapat adalah hal yang harus dimaklumi dan dihormati. Tidak perlu adanya caci maki antar sesama muslim hanya karena perbedaan pendapat. Dan kita ketahui Lagi pula, pendapat yang bermacam-macam itu telah menempuh suatu ijtihad dan dilakukan oleh para ulama yang ahli di bidangnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar